Posted on Leave a comment

Pengumuman Lowongan Umum PLN Besar Besaran Tingkat Pelaksana Tahap 1 Tahun 2017

Pengumuman Lowongan Umum PLN Besar Besaran Tingkat Pelaksana Tahap 1 Tahun 2017

Kelistrikan di Indonesia di mulai pada akhir abad ke–19, pada saat beberapa perusahaan Belanda antara lain pabrik gula dan pabrik teh mendirikan pembangkit tenaga listrik untuk keperluan sendiri. Kelistrikan untuk pemanfaatan umum mulai ada pada saat perusahaan swasta Belanda yaitu NV NIGN yang semula bergerak dibidang gas memperluas usahanya dibidang listrik untuk kemanfaatan umum. Pada tahun 1927 Pemerintah Belanda membentuk s’Land Waterkracht Bedrijven (LB) yaitu perusahaan listrik Negara yang mengelola PLTA Pelanggan, PLTA Lamajan dan PLTA Bengkok Dago, PLTA Ubrug dan Kracak di Jawa Barat,PLTA Giringan di madiun, PLTA tes di Bengkulu, PLTA Tonsea lama di Sulawesi Utara dan PLTU di Jakarta. Selain itu beberapa Kotapraja dibentuk perusahaan – perusahaan listrik di Kotapraja.
Menyerahnya Pemerintahan Belanda kepada Jepang dalam Perang Dunia II maka Indonesia dikuasai oleh Jepang, yang kemudian jatuhnya Jepang ke tangan Sekutu dan diproklamasikannya kemerdekaan RI maka diambil alih perusahaan – perusahaan listrik yang dikuasai Jepang. Pengambil alihan tersebut diserahkan kepada Presiden Soekarno dan kemudian dengan Penetapan Pemerintah tahun 1945 No. 1 tertanggal 27 Oktober 1945 maka dibentuklah Jawatan Listrik dan Gas dibawah Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga.
Sejarah ketenaga listrikan di Indonesia mengalami pasang surut sejalan dengan perjuangan bangsa. Tanggal 27 Oktober 1945 kemudian dikenal sebagai Hari Listrik dan Gas. Penetapan secara resmi sebagai Hari Listrik dan Gas berdasarkan keputusan Mentri Pekerjaan Umum dan Tenaga No.20 tahun 1960, namun kemudian berdasarkan keputusan Mentri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik No.235/KPTS/1975 tanggal 30 September 1975 peringatan Hari Listrik dan Gas yang digabung dengan Hari Kebangkitan Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik yang jatuh pada tanggal 3 Desember. Mengingat pentingnya semangat dan nilai –nilai hari listrik, maka berdasarkan Keputusan Mentri Pertambangan dan Energi No.1134.K/43/MPE/1992 tanggal 31 Agustus 1992 ditetapkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Listrik Nasional.
Pada tahun 1994 terjadi perubahan mendasar dalam tubuh perusahaan yang tadinya berstatus sebagai Perusahaan Umum ini, yaitu setelah keluarnya Perpu no.3 dan sesuai dengan akte notaris Soetjipto, SH No 169 yang menyatakan bahwa Perum PLN statusnya diubah menjadi Perseroan dengan nama PT.PLN (Persero). Perubahan status perusahaan tersebut ternyata membawa dampak sangat kuat bagi perkembangan perusahaan listrik Indonesia dalam menggapai orientasi dan obsesinya. Selain itu dalam rangka memaksimalkan peran perusahaan itu berbagai upaya telah dilakukan perusahaan ini, baik secara internal maupun secara eksternal. Perubahan internal misalnya dapat dilihat dari perubahan struktur organisasinya baik yang dikantor pusat maupun didaerah. Begitu juga secara eksternal kini PLN telah melakukan ekspansi dengan membentuk unit–unit bisnis dan anak perusahaan sebagai unit pelaksanaannya.
Unit wilayah yang dimiliki PLN terdiri dari 11 wilayah kerja ditambah dengan kawasan Batam sebagai wilayah khusus. Wilayah tersebut anatara lain: Wilayah I Aceh, Wilayah II Sumatra Utara, Wilayah III Sumbar-Riau, Wilayah IV Sumsel-Bengkulu-Jambi dan Bangka Belitung, Wilayah V Kalimantan Barat, Wilayah VI Kalimantan Selatan, Timur dan Tengah, Wilayah VII Sulut Sulteng, Wilayah VIII Sulawesi Selatan dan Tenggara, Wilayah IX Maluku, Wilayah X Irian jaya dan Wilayah XI Bali NTT – NTB.
Selain wilayah PLN memiliki unit distribusi Jakarta raya dan Tangerang distribusi Jawa Barat, distribusi Jawa Tengah dan Timur. Begitu juga membentuk anak perusahaan diantaranya PT.Indonesia Power, PT. Icon Plus dan PLN Batam yang sebelumnya menjadi daerah khusus.

Pengumuman Lowongan Umum PLN Besar Besaran Tingkat Pelaksana Tahap 1 Tahun 2017

Baca Juga

 

Pengumuman Rekrutmen Umum PLN Tingkat Pelaksana Tahap 1 Tahun 2017

  1. 1. Lokasi Tes: Jakarta
  2. 2. Jadwal Pendaftaran: 22 Juni 2017 – 14 Juli 2017
  3. 3. Profesi yang dibuka:
TEKNIK (Operator/Teknisi) NON TEKNIK (Administrasi)
ü Jenis Kelamin Laki – laki

ü Kelahiran tahun 1997, 1998, dan

1999

ü Lulus dan Memiliki Ijazah SMA IPA / SMK Teknik Mesin / Listrik /

Sipil

ü Nilai SKHU minimal 6,5 (skala

10) / 65 (skala 100)

ü Pria / Wanita

ü Kelahiran tahun 1997, 1998, dan

1999

ü Lulus dan Memiliki Ijazah SMK Administrasi

ü Nilai SKHU 7 (skala 7) / 70 (skala

100)

 

  1. 4. Persyaratan:

1) Status belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menjalani Diklat

Prajabatan;

2) Tinggi badan: Pria min.155 cm, Wanita min.150 cm

3) Tidak bertato, tidak bertindik, dan tidak buta warna

  1. 5. Pendaftaran Online dapat dilakukan melalui rekrutmen.pln.co.id
  2. 6. Untuk persiapan pendaftaran Online, peserta diharapkan dapat menyiapkan berkas dalam bentuk soft copy sebagai berikut
  3. a. KTP
  4. b. Ijazah
  5. c. Transkrip Akademik d. Akte Kelahiran
  6. 7. Pelamar tidak sedang mengikuti tahapan seleksi rekrutmen PT PLN (Persero)

pada event rekrutmen PT PLN (Persero) lainnya.

  1. 8. Tahapan Seleksi untuk PT PLN (Persero) meliputi:
  2. a. Seleksi Administrasi b. Tes Endurance
  3. c. Tes Akademik d. Tes Psikologi
  4. e. Tes Fisik dan Laboratorium
  5. f.   Wawancara
  6. g. Diklat Prajabatan

*Urutan tahapan seleksi dapat berubah sesuai kebutuhan PT PLN (Persero).

  1. 9.   Pelamar yang dinyatakan lulus tes kesehatan, WAJIB melengkapi berkas pendaftaran berikut. Apabila tidak dapat melengkapi berkas, maka   peserta dinyatakan GUGUR. Berikut adalah berkas yang harus dikumpulkan pada saat wawancara:

Baca Juga

  1. a. Riwayat Hidup (CV);
  2. b. Copy akta kelahiran;
  3. c. Copy Ijazah/ Surat Keterangan Lulus yang dilegalisasi;
  4. d. Copy transkrip nilai terakhir yang dilegalisasi;
  5. e. Copy KTP;
  6. f.   Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan;
  7. g. Pas foto terbaru berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar (nama peserta ditulis di belakang foto);

 

LAINLAIN

 

  1. 1. Tidak ada korespondensi berkaitan dengan rekrutmen ini dan keputusan Tim

Penerimaan Pegawai tidak dapat diganggu gugat.

  1. 2. Tidak dipungut biaya apapun dalam mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero).
  2. 3. Tidak ada sistem refund atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi. PT PLN (Persero) tidak bertanggungjawab atas setiap bentuk kerugian yang ditimbulkan akibat penipuan yang mengatasnamakan PT PLN (Persero).

 

Persyaratan :

  • Status  belum  menikah  dan  bersedia  tidak  menikah  selama  menjalani  Diklat Prajabatan;
  • Diutamakan Pria;
  • Lulus S1/D-IV atau D-III dengan batas usia:
    • S1/D-IV : Kelahiran 1991 dan sesudahnya
    • D-III       : Kelahiran 1993 dan sesudahnya
  • Memiliki Indeks Prestasi Komulatif (IPK) adalah ≥ 2,75 (Dua Koma Tujuh Puluh Lima) pada skala 4. Bagi Lulusan Luar Negeri, harus melakukan  konversi nilai IPK masing-masing dengan nilai IPK skala 4 (Nilai 4 adalah nilai tertinggi).

Tahapan Seleksi untuk PT PLN (Persero) meliputi:
a.  Seleksi Administrasi
b.  Tes Intelegensi
c.   Tes Akademis dan Bahasa Inggris d.  Tes Psikologi
e.  Tes Kesehatan
f.   Wawancara
g.  Diklat Prajabatan
*Urutan tahapan seleksi dapat berubah sesuai kebutuhan PT PLN (Persero).

Bagi kalian yang memenuhi syarat dan berminat berkarir bersama PLN, silakan lakukan pendaftaran, informasi selengkapnya silakan kunjungi : http://rekrutmen.pln.co.id/vacancy/site/index

JIKA TIDAK MENGERTI SILAKAN KLIK

Cara Pendaftaran Online Lowongan Umum PLN Besar Besaran Tingkat Pelaksana Tahap 1 Tahun 2017

Hanya pelamar yang memenuhi syarat yang akan diproses. Rekrutmen ini tidak dipungut biaya sama sekali atau Gratis.

 

Advertisements
Iklan