Bersiaplah 24 JULI KAI Indonesia Membuka Loker Besar besaran
Bersiaplah 24 JULI KAI Indonesia Membuka Loker Besar besaran
Sejarah perkeretaapian di Indonesia dimulai ketika pencangkulan pertama jalur kereta api Semarang-Vorstenlanden (Solo-Yogyakarta) di Desa Kemijen oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda Mr. L.A.J Baron Sloet van de Beele tanggal 17 Juni 1864. Pembangunan dilaksanakan oleh perusahaan swasta Naamlooze Venootschap Nederlansch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM) menggunakan lebar sepur 1435 mm.
Baca Juga
- Lowongan PT. Cipta Niaga Semesta Cabang Serang (MAYORA GROUP) Besar Besaran Juni 2017
- Lowongan Bank Mega Besar Besaran Penempatan Provinsi Banten Mei 2017
Sementara itu, pemerintah Hindia Belanda membangun jalur kereta api negara melalui Staatssporwegen (SS) pada tanggal 8 April 1875. Rute pertama SS meliputi Surabaya-Pasuruan-Malang. Keberhasilan NISM dan SS mendorong investor swasta membangun jalur kereta api seperti Semarang Joana Stoomtram Maatschappij (SJS), Semarang Cheribon Stoomtram Maatschappij (SCS), Serajoedal Stoomtram Maatschappij (SDS), Oost Java Stoomtram Maatschappij (OJS), Pasoeroean Stoomtram Maatschappij (Ps.SM), Kediri Stoomtram Maatschappij (KSM), Probolinggo Stoomtram Maatschappij (Pb.SM), Modjokerto Stoomtram Maatschappij (MSM), Malang Stoomtram Maatschappij (MS), Madoera Stoomtram Maatschappij (Mad.SM), Deli Spoorweg Maatschappij (DSM).
Selain di Jawa, pembangunan jalur kereta api dilaksanakan di Aceh (1876), Sumatera Utara (1889), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), dan Sulawesi (1922). Sementara itu di Kalimantan, Bali, dan Lombok hanya dilakukan studi mengenai kemungkinan pemasangan jalan rel, belum sampai tahap pembangunan. Sampai akhir tahun 1928, panjang jalan kereta api dan trem di Indonesia mencapai 7.464 km dengan perincian rel milik pemerintah sepanjang 4.089 km dan swasta sepanjang 3.375 km.
Baca Juga
- Penerimaan tenaga kerja kontrak di lingkungan dinas kesehatan kab.serang Besar Besaran tahun 2017
- Walk in Interview Gramedia Terbaru 9 Juni 2017
Pada tahun 1942 Pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Semenjak itu, perkeretaapian Indonesia diambil alih Jepang dan berubah nama menjadi Rikuyu Sokyuku (Dinas Kereta Api). Selama penguasaan Jepang, operasional kereta api hanya diutamakan untuk kepentingan perang. Salah satu pembangunan di era Jepang adalah lintas Saketi-Bayah dan Muaro-Pekanbaru untuk pengangkutan hasil tambang batu bara guna menjalankan mesin-mesin perang mereka. Namun, Jepang juga melakukan pembongkaran rel sepanjang 473 km yang diangkut ke Burma untuk pembangunan kereta api disana.
Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, beberapa hari kemudian dilakukan pengambilalihan stasiun dan kantor pusat kereta api yang dikuasai Jepang. Puncaknya adalah pengambil alihan Kantor Pusat Kereta Api Bandung tanggal 28 September 1945 (kini diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia). Hal ini sekaligus menandai berdirinya Djawatan Kereta Api Indonesia Republik Indonesia (DKARI). Ketika Belanda kembali ke Indonesia tahun 1946, Belanda membentuk kembali perkeretaapian di Indonesia bernama Staatssporwegen/Verenigde Spoorwegbedrif (SS/VS), gabungan SS dan seluruh perusahaan kereta api swasta (kecuali DSM).
Berdasarkan perjanjian damai Konfrensi Meja Bundar (KMB) Desember 1949, dilaksanakan pengambilalihan aset-aset milik pemerintah Hindia Belanda. Pengalihan dalam bentuk penggabungan antara DKARI dan SS/VS menjadi Djawatan Kereta Api (DKA) tahun 1950. Pada tanggal 25 Mei DKA berganti menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA). Pada tahun tersebut mulai diperkenalkan juga lambang Wahana Daya Pertiwi yang mencerminkan transformasi Perkeretaapian Indonesia sebagai sarana transportasi andalan guna mewujudkan kesejahteraan bangsa tanah air. Selanjutnya pemerintah mengubah struktur PNKA menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) tahun 1971. Dalam rangka meningkatkan pelayanan jasa angkutan, PJKA berubah bentuk menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) tahun 1991. Perumka berubah menjadi Perseroan Terbatas, PT. Kereta Api (Persero) tahun 1998. Pada tahun 2011 nama perusahaan PT. Kereta Api (Persero) berubah menjadi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan meluncurkan logo baru.
Baca Juga
- SELEKSI MASSAL PENERIMAAN KARYAWAN ALFAMART Tangerang JULI 2017
- Lowongan Besar Besaran PT NIKOMAS GEMILANG JULI 2017
Saat ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki tujuh anak perusahaan yakni PT Reska Multi Usaha (2003), PT Railink (2006), PT Kereta Api Indonesia Commuter Jabodetabek (2008), PT Kereta Api Pariwisata (2009), PT Kereta Api Logistik (2009), PT Kereta Api Properti Manajemen (2009), PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (2015).
Bersiaplah 24 JULI KAI Indonesia Membuka Loker Besar besaran
PT Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang transportasi dan bisnis penunjang lainnya dengan mengutamakan profesionalisme, kinerja dan pelayanan, memberikan kesempatan kepada putra terbaik indonesia untuk berkarir di PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam rangka pemenuhan kebutuhan pekerja Calon Masinis, Tenaga Operasional dan Tenaga Pemeliharaan dengan persyaratan dan kriteria rekrut sebagai berikut :
A. KRITERIA UMUM PELAMAR
- Warga Negara Indonesia (WNI);
- Jenis kelamin Pria;
- Sehat Jasmani dan Rohani serta tidak buta warna;
- Berkelakuan baik;
- Usia pelamar per 01 Agustus 2017 serendah-rendahnya 18 (Delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 25 (Dua puluh lima) tahun;
- Memiliki Ijazah SLTA dengan NEM/UAN rata-rata minimal 6,0 (Enam koma nol);
- Memiliki tinggi badan;
- Untuk formasi Calon Masinis minimal 165 cm dengan berat badan ideal.
- Untuk formasi Tenaga Operasional (PPKA, PAP, PRS, PJW dan PLR) minimal 165 cm dengan berat badan ideal.
- Untuk formasi Tenaga pemeliharaan sarana, prasarana dan sintelis minimal 160 cm dengan berat badan ideal.
- Tidak terlibat narkoba dan psikotropika;
- Tidak bertato dan tidak bertindik;
- Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap;
- Tidak pernah diberhentikan di anak perusahaan atau institusi lainnya dikarenakan hukuman disiplin;
- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero);
- Tidak memiliki hubungan perkawinan dengan pekerja PT Kereta Api Indonesia (Persero);
- Bersedia mengundurkan diri dari hubungan kerja dengan institusi lainnya apabila telah memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus seleksi;
- Lulus dalam seleksi calon pekerja baru yang diselenggarakan oleh panitia Rekrut PT Kereta Api Indonesia (Persero).
B. TAHAPAN SELEKSI
- Tahap I = Seleksi Administrasi
- Tahap II = Seleksi Kesehatan Awal
- Tahap III = Seleksi Psikologi
- Tahap IV = Seleksi Wawancara
- Tahap V = Seleksi Kesehatan Akhir
Baca Juga
- Lowongan KOPERASI KARYAWAN KRAKATAU DAYA LISTRIK Juni 2017
- Lowongan Production Packer SOFTEX Indonesia Besar besaran Juli 2017
C. PERSYARATAN UMUM LAMARAN
- Ijazah SLTA asli atau fotocopy legalisir;
- NEM/UAN asli atau fotocopy legalisir;
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
- Pas foto berwarna terbaru dengan pose formal.
Keterangan :
- Dokumen persyaratan umum lamaran poin 1 s.d 3 memakai format pdf dengan ukuran maksimal 2 mb;
- Pas foto terbaru menggunakan format jpg/jpeg dengan ukuran maksimal 2 mb.
- Sesuaikan Nama File yang di upload
- Berkas KTP nama file dokumen = ktp.pdf
- Berkas Ijazah nama file dokumen = ijazah-slta.pdf
- Berkas Nem/Uan nama file dokumen = nilai-slta.pdf
- Berkas Foto nama file dokumen = foto.jpg atau foto.jpeg
D. PROSEDUR PELAKSANAAN SELEKSI :
- Pelamar melakukan registrasi / membuat akun dan melengkapi data serta dokumen melalui website resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan alamat : https://recruitment.kai.id/.
- Pelamar memastikan bahwa dokumen persyaratan umum lamaran sesuai poin C sudah diupload di akun pelamar yang ada di website https://recruitment.kai.id/.
- Bagi pelamar yang berminat mengikuti rekrut sesuai formasi yang ditawarkan, wajib melakukan proses apply pada akun masing-masing mulai tanggal 24 s.d 30 Juli 2017.
- Bagi pelamar yang sudah melakukan upload dan melengkapi data, tetapi tidak melakukan proses apply di akunnya pada tanggal 24 s.d 30 Juli 2017, maka dianggap tidak mengikuti kegiatan rekrut ini.
- Pelamar yang lulus seleksi tahap I (Seleksi Administrasi) berhak mengikuti seleksi tahap II (Seleksi Kesehatan Awal) yang akan diumumkan melalui website rencana tanggal 18 Agustus 2017;
- Pengumuman hanya dilakukan melalui website resmi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan alamat : https://recruitment.kai.id/.
- Rekrutmen PT Kereta Api Indonesia (Persero) tidak dipungut biaya apapun dan tidak menggunakan sistem refund atau penggantian biaya transportasi maupun akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan recruitment dan dimohon untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrut.
- Seleksi penerimaan pekerja menggunakan sistem gugur dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.
Formasi | Jenis Kelamin | Pendidikan | Jurusan | Keterangan | Syarat Dokumen |
---|---|---|---|---|---|
CALON MASINIS | PRIA | SLTA | SMA IPA atau SMK Listrik / Mesin / Otomotif |
|
|
PENGATUR PERJALANAN KERETA API (PPKA) | PRIA | SLTA | SMA IPA / IPS atau SMK Teknik Otomotif / Teknik Elektronika / Teknik Mesin / Teknik Ketenagalistrikan |
|
|
PETUGAS RUMAH SINYAL (PRS) | PRIA | SLTA | SMA IPA / IPS atau SMK Teknik Otomotif / Teknik Elektronika / Teknik Mesin / Teknik Ketenagalistrikan |
|
|
PETUGAS LANGSIR (PLR) | PRIA | SLTA | SMA IPA / IPS atau SMK Teknik Otomotif / Teknik Elektronika / Teknik Mesin / Teknik Ketenagalistrikan |
|
|
PETUGAS WESEL (PJW) | PRIA | SLTA | SMA IPA / IPS atau SMK Teknik Otomotif / Teknik Elektronika / Teknik Mesin / Teknik Ketenagalistrikan |
|
|
PENGAWAS PERON (PAP) | PRIA | SLTA | SMA IPA / IPS atau SMK Teknik Otomotif / Teknik Elektronika / Teknik Mesin / Teknik Ketenagalistrikan |
|
|
PEMELIHARAAN SARANA | PRIA | SLTA | SMK LISTRIK / ELEKTRO / MESIN / OTOMOTIF |
|
|
PEMELIHARAAN JALAN REL DAN JEMBATAN | PRIA | SLTA | SMA IPA atau SMK Bangunan |
|
|
PEMELIHARAAN SINYAL TELEKOMUNIKASI DAN LISTRIK | PRIA | SLTA | SMA IPA atau SMK Listrik / Elektro / Elektonika / Mekatronika / Telekomunikasi / Tenaga Kelistrikan |
|
Baca Juga
- Lowongan Besar besaran JNE Banten(Cilegon,Serang) Juli 2017
- CUMA Lulusan SMP? Check Lowongan PT Shiva Sakti steel Ciruas Terbaru ini
Registrasi pendaftaran dapat dimulai Kamis (20/7/2017) melalui website resmi KAI di https://rekrut.kereta-api.co.id/