Posted on Leave a comment

LOWONGAN PEKERJAAN REKRUT EKSTERNAL TINGKAT SLTA PEMENUHAN DI DIVISI LIGHT RAIL TRANSIT JABODEBEK TAHAP II TAHUN 2018

PT Kereta Api Indonesia (Persero), selanjutnya disebut sebagai KAI atau ‘Perusahaan’ adalah Badan Usaha Milik Negara yang menyediakan, mengatur, dan mengurus jasa angkutan kereta api di Indonesia. KAI didirikan sesuai dengan akta tanggal 1 Juni 1999 No. 2 yang dibuat dihadapan Imas Fatimah, S.H., Sp.N., Notaris di Jakarta, dan kemudian diperbaiki kembali sesuai dengan akta tanggal 13 September 1999 No. 14. Akta pendirian tersebut telah mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia melalui Surat Keputusan tanggal 1 Oktober 1999 No. C-17171 HT.01.01.TH.99 dan telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tanggal 14 Januari 2000 No. 4 Tambahan No. 240/2000.

Baca Juga

Riwayat KAI dibagi menjadi tiga periode, yaitu (1) masa kolonial, (2) sebagai lembaga pelayanan publik, dan (3) sebagai perusahaan jasa.

Pada masa kolonial, industri perkeretaapian dimulai pada tahun 1864 ketika Namlooze Venootschap Nederlanche Indische Spoorweg Maatschappij memprakarsai pembangunan jalan kereta api dari Semarang ke Surakarta, Jawa Tengah. Sejak itu tiga perusahaan lain berinvestasi membangun jalurjalur kereta api di dalam dan luar Pulau Jawa. Perusahaan yang terlibat dalam industri kereta api zaman kolonial adalah Staat Spoorwegen, Verenigde Spoorwegenbedrifj, dan Deli Spoorwegen Maatscappij.

Periode sebagai lembaga pelayanan publik bermula pada masa awal kemerdekaan Indonesia, yaitu pada tanggal 25 Mei 1963 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 1963, pemerintah Republik Indonesia membentuk Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA). Pada 15 September 1997 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 61 Tahun 1971, PNKA diubah menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). Dengan status sebagai Perusahaan Negara dan Perusahaan Jawatan, KAI saat itu beroperasi melayani masyarakat dengan dana subsidi dari pemerintah.

Babak baru pengelolaan KAI dimulai ketika PJKA berubah menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 1990. Dengan status barunya sebagai perusahaan umum, Perumka berupaya untuk mendapatkan laba dari jasa yang disediakannya. Untuk jasa layanan penumpang, Perumka menawarkan tiga kelas layanan, yaitu kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

Pada tanggal 31 Juli 1995 Perumka meluncurkan layanan kereta api penumpang kelas eksekutif dengan merek Kereta Api Argo Bromo JS-950 dan dikembangkan menjadi Kereta Api (KA) Argo Bromo Anggrek yang dioperasikan sejak tanggal 24 September 1997. Pengoperasian KA Argo Bromo Anggrek mengawali pengembangan KA merek Argo lainnya, seperti KA Argo Lawu, KA Argo Mulia, dan KA Argo Parahyangan. Untuk mendorong Perumka menjadi perusahaan bisnis jasa, pada tanggal 3 Februari 1998 pemerintah menetapkan pengalihan bentuk Perusahaan Umum (Perum) Kereta Api menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 1998. Dengan status barunya, KAI beroperasi sebagai lembaga bisnis yang berorientasi laba. Untuk tetap menjalankan sebagian misinya sebagai organisasi pelayanan publik, pemerintah menyediakan dana Public Service Obligation (PSO).

Baca Juga

KAI pada awalnya hanya melaksanakan kegiatan usaha layanan jasa perkeretaapian, namun seiring dengan dinamika dunia usaha dan berkembangnya tuntutan pasar, KAI saat ini juga melaksanakan kegiatan usaha penunjang lainnya dengan memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Yaitu meliputi antara lain pengelolaan properti yang terkait dengan jasa kereta api, pariwisata berbasis kereta api, restoran di kereta api (on train services) dan di stasiun, termasuk jasa catering dan distribusi logistik. Dalam menjalankan bisnisnya, KAI terus berupaya menerapkan standar terbaik di bidangnya berdasarkan sistem manjemen yang berlaku.

Baca Juga

LOWONGAN PEKERJAAN REKRUT EKSTERNAL TINGKAT SLTA PEMENUHAN DI DIVISI LIGHT RAIL TRANSIT JABODEBEK TAHAP II TAHUN 2018

PT Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang transportasi dan bisnis penunjang lainnya dengan mengutamakan Integritas, Profesional, Keselamatan, Inovasi dan Pelayanan Prima, memberikan kesempatan kepada putra terbaik Bangsa Indonesia untuk bergabung dan berkarir di PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam rangka pemenuhan kebutuhan pekerja di Divisi Light Rail Transit (LRT) Jabodebek, dengan kriteria dan persyaratan sebagai berikut :

Baca Juga

Formasi
LIGHT RAIL TRANSIT JABODEBEK

Jenis Kelamin

PRIA

Pendidikan Jurusan

SLTA Mesin / Elektro / Elektronika / Otomotif / Listrik / Teknik Informatika / Mekatronika

Keterangan

TINGGI BADAN MINIMAL 165 CM

Syarat Dokumen
IDENTITAS KTP
IJAZAH SLTA
TRANSKRIP UN/UAN SLTA

Baca Juga

KRITERIA UMUM PELAMAR :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Jenis Kelamin Pria;
  3. Sehat jasmani / rohani;
  4. Usia pelamar per 01 Juni 2018 serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 25 (dua puluh lima) tahun;
  5. Memiliki ijazah SLTA dengan NEM/UAN rata-rata minimal 6,5 (enam koma lima);
  6. Memiliki tinggi badan minimal 165 cm;
  7. Berkelakuan baik;
  8. Tidak terlibat narkoba atau psikotropika;
  9. Tidak bertato dan tidak bertindik;
  10. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap;
  11. Tidak pernah diberhentikan di anak perusahaan atau institusi lainnya dikarenakan hukuman disiplin;
  12. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan prioritas ditempatkan di Divisi LRT Jabodebek;
  13. Bersedia mengundurkan diri dari hubungan kerja dengan institusi lainnya apabila telah memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus seleksi;
  14. Lulus dalam seleksi calon pekerja baru yang diselenggarakan oleh panitia recruitment PT Kereta Api Indonesia (Persero) tahun 2018.

PERSYARATAN UMUM LAMARAN :

  1. Ijazah SLTA asli atau fotocopy legalisir;
  2. NEM/UAN asli atau fotocopy legalisir;
  3. Kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku;
  4. Pas foto berwarna terbaru;

Keterangan :

  • Dokumen persyaratan umum lamaran poin 1 s.d 3 memakai format pdf dengan ukuran maksimal 2 mb;
  • Pas foto terbaru menggunakan format jpg/jpeg dengan ukuran maksimal 2 mb.
  • Untuk Nama File-file yang diupload disesuaikan namanya sebagai berikut :
    • Berkas KTP nama file dokumen         = ktp.pdf
    • Berkas Ijazah nama file dokumen      = ijazah-slta.pdf
    • Berkas Nem/Uan nama file dokumen = nilai-slta.pdf
    • Berkas Foto nama file dokumen        = foto.jpg atau foto.jpeg

Baca Juga

TAHAPAN SELEKSI

 

Tahap 1    : Seleksi Administrasi

Tahap 2    : Seleksi Kesehatan Awal

Tahap 3    : Seleksi Psikologi

Tahap 4    : Seleksi Wawancara

Tahap 5    : Seleksi Kesehatan Akhir

Klik PANDUAN REGISTRASI DAN APPLY LOWONGAN REKRUT EKSTERNAL TINGKAT SLTA PEMENUHAN DI DIVISI LIGHT RAIL TRANSIT JABODEBEK TAHAP II TAHUN 2018 Untuk Informasi Pendaftaran

Advertisements
Iklan